Untuk menghadapi new normal, Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta menyiapkan sebuah aplikasi yang digunakan untuk melakukan reservasi tiket destinasi wisata yang ada di Yogyakarta. Dengan aplikasi ini, diharapkan jumlah kunjungan bisa dibatasi sesuai protokol kesehatan yaitu sebanyak 50% dari kapasitas pengunjung normal.

Sepuluh objek wisata akan menjadi percontohan dalam penerapan protokol kesehatan. Tidak hanya aplikasi, tapi terkait fasilitas pendukung juga disiapkan untuk mencegah penularan virus covid-19. Tapi sampai saat ini, belum dapat dipastikan kapan pembukaan destinasi – destinasi wisata tersebut.

Dengan aplikasi ini wisatawan akan melakukan reservasi tiket destinasi yang dituju dengan terlebih dahulu mengisi data diri. Ini penting dilakukan untuk mengantisipasi apabila terdapat penularan akan mudah melakukan pelacakan. Juga dengan aplikasi reservasi online ini, tidak ada antrian pembelian tiket di loket, menghindari kerumunan dan kontak fisik.

Integra Indonesia yang dipercaya Dinas Pariwisata DIY untuk mengembangkan aplikasi reservasi tiket ini juga sangat antusias dan berkomitmen untuk mempersiapkan aplikasi sebaik-baiknya untuk mendukung pemerintah daerah. Nantinya proses reservasi tiket ini bisa dilakukan melalui aplikasi berbasis android maupun melalui halaman website visitingjogja.com .