SISTEM INFORMASI HARGA PANGAN.

Sistem Informasi Harga Pangan

Dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi serta internet telah menjadi alat kekuatan untuk memikirkan kembali sistem pemerintahan dengan model yang baru. Teknologi Informasi dan Internet mendorong transformasi dan paradigma birokrasi tradisional (yang menekankan kepada standarisasi, rutinitas, spesialisasi, fokus internal dan kewenangan), menuju paradigma e-government (yang menekankan kepada membangun jaringan yang terkoordinasi, kerjasama eksternal dan orientasi pelayanan kepada customer/masyarakat sebagai fokusnya). Oleh karena itu TI menjadi salah satu elemen utama dalam memperbaiki sistem managerial dan layanan di pemerintahan.

Ketahanan pangan menjadi salah satu prioritas utama program pembangunan nasional mengingat pangan memiliki nilai strategis terkait dengan kebutuhan masyarakat yang paling mendasar serta aspek ketahanan sosial, stabilitas ekonomi, stabilitas politik, dan keamanan. Oleh karena itu sangat dibutuhkan Pusat Informasi Harga Pangan Daerah (PIHPD).

Dengan adanya Pusat Informasi Harga Pangan, maka dapat dijadikan dasar bagi berbagai pihak baik dari Pemerintah untuk mengambil kebijakan dan langkah strategis pengendalian harga , Pelaku Ekonomi, Pengusaha, UMKM, para pedagang kecil dan juga masyarakat.

Ketidakjelasan dan kurang terintegrasinya informasi harga akan juga berpengaruh pada kestabilan harga pangan dan akan menyebabkan terjadinya disparitas harga yang besar.

Pusat Informasi Harga Pangan Daerah difokuskan pada penyediaan informasi harga bahan pangan strategis yaitu komoditas pangan yang dikonsumsi masyarakat secara luas atau memiliki bobot kontribusi inflasi yang tinggi.

Salah satu misi dari pengembangan Pusat Informasi Harga Pangan Daerah adalah untuk meningkatkan akses informasi harga pangan yang terpadu kepada pelaku ekonomi untuk menjaga ekspektasi masyarakat yang diperlukan untuk mendukung dalam upaya pencapaian sasaran inflasi dan peningkatan efisiensi perekonomian.

Maksud dan Tujuan.

Sistem Pusat Informasi Harga Pangan Daerah (PIHPD) ini dimaksudkan untuk memfasilitasi Pemerintah Daerah dalam pengelolaan database informasi harga yang nanti akan membantu pemerintah dalam membangun ketahanan pangan daerah, kestabilan harga dan penekanan inflasi daerah.

Sistem Informasi Harga Pangan

Sasaran Penerapan Aplikasi SIHP.

AKTUAL

Tersedianya database informasi harga pangan daerah yang aktual dan terpercaya.

AKSES

Kemudahan akses bagi masyarakat dan pelaku ekonomi dalam mengakses informasi harga pangan melalui website dan mobile application.

INTEGRASI

Membangun data yang terintegrasi dan sinergi antar Pasar di daerah.

MONITORING

Kemudahan dalam proses monitoring pergerakan harga bahan pokok.

DATA

Kemudahan dalam proses pengumpulan data harga bahan pokok.

Fitur Aplikasi.

Daftar Harga Pangan

Menampilkan secara real time daftar harga pangan secara real time. Informasi disajikan dengan menampilkan kenaikan/penurunan harga per satuannya.

Daftar Pasar

Menampilkan lokasi pasar dengan Peta sesuai dengan koordinat pasar. Sehingga dapat memantau sebaran pasar, pencarian informasi lokasi pasar. Dan melihat informasi detail harga di pasar tersebut.

Statistik Harga Per Komoditas

Menampilkan informasi harga Per Komoditas berdasarkan periode tertentu. Informasi Komoditas akan ditampilkan per pasar per bulan dengan informasi harga harian.

Statistik Harga Per Pasar

Menampilkan informasi harga Komoditas pada suatu pasar secara detail secara harian pada periode bulan tertentu.

Harga Per Komoditas & Fluktuasi

Sistem Informasi Harga Pangan

Menampilkan informasi harga per komoditas (Harga Rata-rata, Harga Tertinggi, Harga Terendah, Daftar perubahan harga dan grafik fluktuasi harga)

Peta Harga Pangan Per Wilayah

Sistem Informasi Harga Pangan

Menampilkan informasi harga pangan per wilayah dalam peta. Dengan adanya informasi ini maka dapat dipantau daerah yang memiliki Harga terendah, haga tertinggi dan Harga Rata-Rata. Informasi dapat disajikan per Kecamatan dalam 1 kabupaten.

Akses Informasi.

Sistem Informasi Harga Pangan Daerah ini dapat diakses di berbagai media informasi, antara lain :

Sistem Informasi Harga Pangan

Keunggulan Aplikasi.

DIGITALISASI DATA

Digitalisasi data dari dokumen fisik menjadi data digital yang lebih durabel dan dapat diakses kapan saja.

PAPERLESS

Melalui aplikasi ini akan mengurangi penggunaan kertas untuk pembuatan laporan, kolekting data / survey.

AKSES MUDAH

Masyarakat dan pedagang/pelaku usaha ekonomi mudah mendapatkan info harga pangan yang aktual.

ONLINE SISTEM

Sistem diakses secara online dan menampilkan data secara terkini/ realtime, kapan saja dan dimana saja.

SINKRONISASI HARGA

Membantu pasar saling melakukan penyesuaian harga standar komoditas sehingga tidak terjadi disparitas harga yang tinggi.

NETWORK

Akses informasi semakin cepat karena dapat memanfaatkan jaringan LAN/WAN yang menghubungkan antar pasar.

DATABASE TERPUSAT

Database sistem informasi harga pangan disimpan secara terpusat di server sehingga aman dan mudah diakses.

TERINTEGRASI

Sistem Informasi Harga Pangan dapat diintegrasikan dengan sistem lain yang sudah ada di instansi pemerintahan.

CLOUD SISTEM

Untuk sistem sewa disediakan metode cloud server sehingga menjamin sistem dapat berjalan tanpa resiko listrik / internet mati.

MOBILE APP

Untuk memudahkan user dalam melakukan aktivitas, user cukup mengakses melalui aplikasi berbasis android.

Alur Sistem.

Petugas di tiap-tiap pasar melakukan updating data harian melalui aplikasi entry data mobile application, sehingga memudahkan dalam mengupdate data dilapangan. Selain itu juga disediakan fasilitas entry melalui web admin Sistem Pusat Info Harga Pangan Daerah (SIHPD). Data dapat diupload melalui jaringan internet atau intranet di Pemda ke server SIHPD.

Pengguna layanan dapat mengakses informasi kapan saja dan dimana saja melalui website Sistem Pusat Info Harga Pangan Daerah, atau download aplikasi SHPD di Google Play Store. Informasi harga pangan juga dapat diakses melalui layar TV atau running text yang dipajang di pasar-pasar tradisional.

Pemerintah Daerah dapat memanfaatkan informasi ini sebagai dasar dalam pengambilan kebijakan terhadap harga pangan, intervensi pasar, maupun pengendalian inflasi bersama Bank Indonesia.  Masyarakat dan pelaku ekonomi yang terkait harga pasar bisa memantau harga pangan dan pasar yang memberikan harga ekonomis. Dengan adanya informasi yang dipajang dipasar akan memudahkan pula bagi pedagang untuk menjual komoditas pangan dengan harga yang standar dengan harga pasaran.

Hubungi Integra Indonesia segera.

Konsultasikan kebutuhan software anda pada tim konsultan kami yang sudah berpengalaman.

Chat Sekarang!
(0274) 5304851

Kunjungi Kantor Kami

Cokro Square Kav. K, Jl. HOS. Cokroaminoto 124 Yogyakarta

Lokasi

Permintaan Demo Produk

Hubungi atau Kirim Email ke Tim Marketing Integra Indonesia

Kirim Email