Sistem Informasi Manajemen Arsip dan Persuratan (E-OFFICE)2018-08-07T02:23:50+00:00

Dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi serta internet telah menjadi alat kekuatan untuk memikirkan kembali sistem pemerintahan dengan model yang baru. Teknologi Informasi dan Internet mendorong transformasi dan paradigma birokrasi tradisional (yang menekankan kepada standarisasi, rutinitas, spesialisasi, fokus internal dan kewenangan), menuju paradigma e-government (yang menekankan kepada membangun jaringan yang terkoordinasi, kerjasama eksternal dan orientasi pelayanan kepada customer/masyarakat sebagai fokusnya). Oleh karena itu TI menjadi salah satu elemen utama dalam memperbaiki sistem managerial pemerintahan.

Kepemerintahan yang baik (good governance), telah menjadi wacana yang paling mengemuka dalam pengelolaan administrasi pemerintahan sekarang ini. Hal tersebut sejalan dengan tuntutan akan modernisasi administrasi pemerintahan guna mempercepat dan mempermudah penyelesaian dokumen dan surat dinas instansi pemerintah. Teknologi informasi dan komunikasi sebagai pendukung tugas pokok dan fungsi belum dimanfaatkan secara maksimal untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas termasuk menjunjang administrasi perkantoran.

Untuk dapat menjalankan tugas-tugasnya dengan baik, maka setiap instansi pemerintah pusat dan daerah sudah seharusnya didukung oleh sistem administrasi yang memadai karena kesempurnaan dan kelengkapan sistem administrasi merupakan salah satu kebutuhan yang penting disetiap organisasi atau instansi pemerintah, dengan mengubah sistem manual ke sistem komputerisasi dalam era teknologi informasi penyelesaian dokumen dan surat-surat dinas pemerintah sudah merupakan keharusan dalam upaya untuk melakukan reformasi birokrasi dan untuk mewujudkan kepemerintahan yang baik (good governance). Salah satu diantaranya adalah dengan melaksanakan implementasi aplikasi tata naskah dinas elektronis di lingkungan instansi pemerintah.

Dengan adanya E-Office di suatu instansi dapat melaksanakan kegiatan administrasinya dengan lebih mudah, cepat, transparan, tertib, terpadu, produktif, akurat, aman, dan efisien.

Maksud & Tujuan

Sistem E-Office ini dimaksudkan untuk memfasilitasi Pemerintah Daerah dalam pengelolaan dokumen surat menyurat dan aktivitas perkantoran secara online.  Sehingga dengan penerapan sistem e-office ini maka :

  1. Memudahkan pengelolaan surat masuk dan surat keluar secara elektronik
  2. Meningkatkan efisiensi dan efektifitas pengelolaan surat menyurat dan pelayanan publik
  3. Mempercepat pengelolaan Tata Naskah Dinas secara Elektronik
  4. Mewujudkan birokrasi modern yang efektif dan efisien di Instansi Pemerintah

Adapun sasaran penerapan Sistem E-Office di Kabupaten/Kota adalah untuk :

  1. Tercapainya efektivitas dan efisiensi penyelenggaraan tata naskah dinas
  2. Menghindari terjadinya tumpang tindih, salah tafsir, dan pemborosan penyelenggaraan tata naskah dinas;
  3. Terwujudnya keterpaduan pengelolaan tata naskah dinas dengan unsur lainnya dalam lingkup administrasi umum.
  4. Terciptanya birokrasi modern yang efektif dan efisien di intansi pemerintah daerah / SKPD

Alur Sistem Surat Masuk

Surat Masuk & Disposisi

Surat yang masuk ke instansi diterima oleh bagian Tata Usaha / agendaris. Kemudian oleh petugas tata usaha data dari surat tersebut dientrikan ke dalam aplikasi e-office dan di scan untuk mengarsipkan surat secara digital pada aplikasi. Selanjutnya surat siap untuk di distribusikan / di disposisi secara elektronik kepada penerima surat.

Penerima surat akan membaca data surat masuk melalui aplikasi, dan membaca file digital dari surat tersebut. Selanjutnya, proses disposisi bisa dilakukan pada aplikasi dan pimpinan dapat mengetahu posisi surat sampai dengan tindak lanjut dari surat tersebut.

Alur Sistem Surat Keluar

Surat Keluar

Staf mengajukan konsep yang akan diparaf/koreksi oleh pejabat/pimpinan/atasan. Apabila surat telah disetujui, maka akan diajukan kepada pejabat penandatangan untuk meminta tanda tangan atas surat tersebut. Surat yang yang telah ditandatangi, dikirimkan ke pejabat diatasnya untuk meminta tanda tangan atasannya tersebut, kemudian setelah disetujui oleh pimpinan tertinggi, surat diserahkan ke Tata Usaha untuk diberikan Nomor Surat Keluar, discan dan dikirimkan ke tujuan surat.

Pada aplikasi E-Office, proses mekanisme permohonan petunjuk, koreksi dan tindak lanjut, tanda tangan dapat dilakukan secara elektronik/online.

Modul Sistem e-Office

  • Pengaturan Data Pegawai

  • Pengaturan Jabatan/Golongan

  • Pengaturan Kategori dan Sifat Surat

  • Surat Masuk

  • Surat Keluar

  • Disposisi

  • Penomoran Surat Otomatis

  • Timeline Perjalanan Disposisi

  • Tutup Disposisi, Pengembalian Disposisi

  • Agenda

  • Pengumuman

  • Forum Diskusi

  • E-Filling (Pengarsipan Digital)

  • Dashboard Executive

  • Laporan

  • Email Notifikasi

  • Support SMS Broadcast Notifications

  • Pencarian Surat

Keunggulan Aplikasi e-Office

Beberapa Keunggulan Aplikasi e-Office dari Diantaranya:

Tunggu apa lagi, Gunakan sekarang juga!.

Semua akan semakin mudah dengan teknologi, Efektifkan pekerjaan anda bersama kami.

Berminat Mengimplementasikan di Daerah Anda?

Kontak segera tim Marketing kami

Hubungi Kami!

Kunjungi Kantor Kami

Cokro Square Kav. K, Jl. HOS. Cokroaminoto 124 Yogyakarta

Lokasi

Permintaan Demo Produk

Hubungi atau Kirim Email ke Tim Marketing Kami

Kirim Email
1
×
Selamat datang di Integra Indonesia,
Ada yang bisa kami bantu? 😊