Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul mengadakan kegiatan sosialisasi dan bimbingan teknis aplikasi visiting jogja untuk koordinator loket di destinasi wisata yang ada di Gunungkidul (13/07). Kegiatan yang diadakan di aula Dinpar Gunungkidul ini diikuti sekitar 25 koordinator loket destinasi.

Acara sosilasi dan bimtek dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata Ibu Ir. Asti Wijayanti, MA. Dalam sambutannya Ibu Asti menyambut baik adanya sosialisasi dan penerapan aplikasi visiting jogja ini. “Aplikasi ini menjadi salah satu cita – cita yang bertahun – tahun diharapkan yaitu bisa memantau pengunjung dan destinasi secara realtime serta menjadi basis data pengelolaan wisata”.

Aplikasi android visiting jogja yang dikembangkan Integra Indonesia disiapkan untuk menjadi solusi pendataan dan manajemen pengelolaan pariwisata termasuk di dalamnya ada fitur e-ticketing yang kedepan bisa digunakan sebagai mobile point of sale. Selain itu manfaat kedepan yang bisa diperoleh ada adanya big data pariwisata yang bisa dimanfaatkan oleh seluruh stakeholder pariwisata.