Pada masa pandemi seperti ini, berbagai langkah dilakukan untuk tetap bisa bertahan khususnya di Yogyakarta yang nadi ekonominya sangat bergantung pada sektor pariwisata. Untuk itu Kantor Perwakilan Bank Indonesia Yogyakarta menggandeng Integra Indonesia untuk menyiapkan aplikasi yang dapat digunakan untuk mendata tingkat kunjungan hotel di Yogyakarta.

Aplikasi pendataan pengunjung hotel ini mulai disosialisasikan kepada industri hotel di DIY. Bersama Dinas Pariwisata DIY dan PHRI dilakukan kegiatan sosialisasi untuk tahap pertama ini kepada sekitar 30 hotel di DIY pada 2 September 2020.

Aplikasi yang dibuat sangat simpel ini nantinya akan memudahkan pengelola hotel dalam melakukan pendataan pengunjung / tamu hotel. Dengan konsep self reporting atau pendataan mandiri oleh tamu sehingga data yang dihasilkan bisa digunakan untuk pemantauan pengunjung di masa pandemi ini. Kedepan aplikasi ini juga bisa dimanfaatkan pengelola hotel untuk menyiapkan database pengunjung masing – masing hotel dan menjadi salah satu bagian dalam membangun Big Data Pariwisata DIY.

Berita Lainnya