Pernah mendengar mengenai puskesos? Maka jika iya, ulasan mengeni apa fungsi dari pusat kesejahteraan sosial berikut ini bisa menjadi uraian menarik. Di Indonesia sendiri, pemerataan upah kerja atau kelayakan hidup warga negaranya banyak yang belum merata dan cenderung memiliki banyak fakir miskin di daerah-daerah. Tak hanya fakir miskin, Indonesia juga memiliki persoalan perihal pendidikan, kesehatan, kependudukan, sosial hingga ragam usaha.

Meski memiliki PR dan tugas untuk menyelesaikan ragam persoalan tersebut, namun pemerintah tak mau tinggal diam dan terus berupaya aktif mensejahterakan rakyatnya. Salah satu upayanya pemerintah membuat yang namanya puskesos yang memiliki fungsi dan tugas mulia menyelesaikan kebutuhan dan persoalan sosial masyarakatnya. Apalagi di tengah situasi pandemi seperti sekarang ini, tentu saja Indonesia harus bekerja lebih aktif dalam membantu kesejahteraan sosial masyarat , salah satunya dengan perbantuan puskesos.

Mengenal Apa Itu Puskesos

Nah, sebelum membahas jauh mengenai fungsi atau alasan pentingnya puskesos maka menjadi lebih tepat untuk mengetahui lebih dahulu pengertiannya. Jadi puskesos merupakan sebuah layanan Sosialiasasi Pusat Kesejahteraan Sosial. Di mana puskesos ini sendiri dibangun dengan tujuan untuk memudahkan warga atau fakir miskin untuk mendapatka perlindungan sosial serta lepas dari kemiskinan.

Puskesos ini sendiri merupakan lembaga yang biasanya berada di daerah dan berperan menjangkau warga rentan miskin. Puskesos ini dewasa ini sudah tersebar di berbagai daerah di Indonesia dan sudah sejak lama bergerak aktif dalam membantu kemiskinan daerah. Fakir miskin atau warga yang rentan miskin bisa mendapatkan perlindungan sosial di sini.

Mengapa Harus Adanya Puskesos?

Mengingat tujuan dan program kerja puskesos ini sendiri memang sangat baik maka tentu saja pemerintah secara berkelanjutan menggunakan layanan ini. Apalagi dengan adanya puskesos ini sendiri sebenarnya masyarakat atau warga Indonesia akan diberikan keuntungan dengan adanya bantuan yang menaunginya. Melalui layanan ini, WNI berhak memberikan pengaduan serta penanganan atas kebutuhan sosialnya.

Fungsi dari Puskesos di Indonesia

Adapun selain beberapa tujuan dan fungsi program yang dijelaskan mengenai puskesos. Sebenarnya ada beberapa fungsi lain layanan satu ini, apa saja? Yuk simak ulasannya sebagai berikut ini!

Menjadi Wadah Pengaduan Persoalan Kemiskinan Masyarakat

Fungsi pertama dari pusat kesejahteraan sosial atau puskesos adalah menjadi wadah pengaduan pesoalan kemiskinan masyarakat. Pengaduan tersebut nantinya akan mendapatkan penanganan dan masyarakat bisa mendapatkan rujukan program apa yang bisa mengentaskan dan membantu persoalan ekonominya. Puskesos berperan aktif dan penting apalagi di situasi pandemi seperti sekarang ini.

Menerima Keluhan, Memberikan Penanganan dan Rujukan Program Bantuan

Tak hanya berfungsi menjadi wadah, layanan ini juga secara aktif menerima ragam keluhan berbagai bidang sosial masyarakat. Mulai dari persoalan pendidikan, kesehatan, kependudukan, sosial, ekonomi hingga usaha. Di mana nantinya warga masyarakat bisa mendapatkan penanganan serta rujukan program atau jenis bantuan apa yang bisa membantu persoalannya. Keluhan – keluhan terkait permasalahan sosial tersebut akan ditangani melalui sistem layanan rujukan terpadu atau SLRT yang bisa dilakukan melalui aplikasi simnangkis dari integra indonesia.

Menjadi Data Base Aduan Perihal Kesejahteraan Sosial Kemasyarakatan

Tak hanya aktif sebagai lembaga perbantuan, layanan di pusat kesejahteraan sosial juga memiliki tugas sebagai data base pusat aduan yang terpercaya. Masyarakat bisa mengajukan persoalannya tanpa khawatir tidak mendapatkan pelayanan bantuan. Data diri dari penerima bantuan ini juga dijamin aman di dalam data base resmi.

Menjadi Perantara Pemberian Bantuan Daerah-daerah

Tak hanya ke tiga fungsi di atas, layanan ini juga berperan aktif sebagai perantara pemberian bantuan ke daerah-daerah di Indonesia. Tujuan hadirnya layanan ini ke daerah-daerah adalah memang membantu pemerintah pusat dalam merangkul dan juga bergerak aktif serta luas membantu kebutuhah masyarakat di berbagai bidang. Layanan ini mampu menjadi sarana perbantuan yang bergerak luas, adil serta merata.

Itulah di atas adalah ulasan menarik mengenai fungsi dari pusat kesejahteraan sosial yang mana ternyata memiliki banyak sekali keunggulan dan juga program unggulan kemasyarakatan. Puskesos bekerja aktif dalam memberikan beragam solusi atas kebutuhan masyarakat Indonesia termasuk fakir miskin untuk lepas dari jeratan kemiskinan. Puskesos juga sangat membantu peran pemerintah dalam penyelenggaraan kebutuhan pendidikan, kesehatan, pendudukan, sosial hingga ekonomi usaha yang berkelanjutan.

Berita Lainnya