Kabar membahagiakan datang dari kegiatan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi 2021. Daerah Istimewa Yogyakarta meraih penghargaan TPID Terbaik 2020 untuk wilayah Jawa – Bali. Kegiatan rakornas dilakanakan pada Rabu (25/08) yang di Istana Negara, Jakarta Pusat. Acara ini dibuka dan dipimpin secara langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.

Salah satu yang membuat pengendalian inflasi di DIY menjadi yang terbaik adalah adanya inovasi penerapan pasar lelang cabai melalui teknologi digital yaitu Dipanen.id. Pasar lelang komoditas secara digital ini secara efektif mampu mengurangi informasi asimetris dan memperluas jangkauan penjualan. Implikasinya ketika masa panen raya, komoditas yang dijual melalui pasar lelang diPanen.id memiliki harga yang lebih baik dibandingkan pasar lelang lainnya.

Menurut Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia DIY Miyono, “Kegiatan-kegiatan TPID ini terutama adalah kegiatan bagaimana mengendalikan harga di DIY dan memang terjaga dengan baik di DIY. Jadi pertumbuhannya tinggi, tapi inflasinya relatif rendah, terkendali, dan stabil. Hal ini menjadi sebuah prestasi. Inovasi-inovasi yang terkait untuk pengendalian harga, terutama volatile food nya di DIY ini menjadi baik. Kami di DIY menciptakan yang namanya aplikasi digital dipanen.id. Suatu aplikasi untuk lelang cabai di Sleman, dan ini menjadi salah satu contoh nasional. Menjadi salah satu titik yang baik untuk penilaian dari pusat, tambahnya”.

Integra Indonesia juga merasa bangga dengan penghargaan yang diraih DIY tersebut, karena integra sebagai konsultan & software developer dipercaya oleh Bank Indonesia KPw DIY untuk mengembangkan aplikasi Dipanen.id tersebut. Ini juga menjadi misi Integra Indonesia untuk terus berkomitmen menghadirkan solusi aplikasi yang tidak hanya baik secara kualitas, tapi juga dapat termanfaatkan dengan sangat baik pula. Seperti slogan kami #IntegraUntukIndonesia.

Baca Lainnya