Konsep smart city kini tengah marak digalakkan di banyak negara, tak terkecuali Indonesia. Penerapannya pun dinilai sangat bermanfaat bagi kehidupan masyarakatnya.

Tapi, tak sedikit yang tahu akan manfaat dari smart city bagi kehidupan. Maka itu, Vice President Global Innovation Policy Information Technology and Innovation Foundation, Stephen Ezell pun membeberkan 5 kegunaan konsep smart city tersebut.

Menurutnya, salah satu keuntungan dari konsep tersebut adalah dapat menciptakan perencanaan dan pengembangan kota layak huni yang lebih baik di masa depan.

“Konsep smart city membuat layanan e-government dapat lebih cepat implikasinya kepada masyarakat. Dengan begitu, ini bisa meningkatkan produktivitas daerah atau daya saing ekonomi,” jelas Ezell, saat acara Huawei Innovation Day yang digelar di Hotel Raffles, Singapura, beberapa waktu lalu.

Smart city, sambung dia, juga membuat sistem transportasi lebih efisien dan terintegrasi sehingga meningkatkan mobilitas masyarakatnya. Pun menciptakan rumah dan bangunan yang hemat energi — bangunan ramah lingkungan dan memakai sumber energi terbarukan.

“Lingkungan juga bisa menjadi lebih lestari karena konsep pengaturan limbah dan pengelolaan air yang lebih maju,” imbuh dia.

Manfaat lain konsep smart city menurut Ezell juga berkaitan dengan kesejahteran masyarakatnya. “Smart city akan meningkatkan pelayanan kesehatan,” pungkasnya. (Tanti Yulianingsih/liputan6.com)

Ingin diskusi terkait pengembangan layanan teknologi informasi melalui sistem pemerintahan berbasis elektronik untuk daerah anda?

Hubungi tim konsultan Integra Indonesia di nomor WhatsApp 081227901212

Baca Lainnya