Pernah mendengar mengenai layanan e-office? Berikut keuntungan instansi Anda menerapkan aplikasi e-office sebagai bagian dari penunjang kerja. E-office merupakan salah satu bentuk layanan baru didunia digital yang penerapannya mulai banyak digunakan di kalangan kerja seperti kantor swasta dan instansi pemerintahan. Naiknya pamor e-office sendiri tidak lepas dengan keunggulan layanannya dalam membantu kinerja ditengah pandemi dan pembatasan kegiatan karena wabah Covid-19.

Seperti yang diketahui, saat ini memang banyak instansi yang memilih bekerja dari rumah dan diatur waktu kerja dikantornya karena mengikuti arahan pemerintah pusat soal pembatasan. Akan tetapi, selain karena pandemi, penggunaan layanan e-office juga sangat berguna saat membutuhkan disposisi kerja sedangkan antar anggota instansi tengah berada berjauhan. Ada banyak sekali keunggulan dan keuntungan penggunaan layanan ini pada instansi Anda, apa saja kira-kira? Yuk simak ulasannya sebagai berikut!

Apa Itu E-Office?

Sebelum membahas lebih dalam mengenai e-office itu sendiri tentu saja Anda harus mengetahui pengertian dari e-office terlebih dahulu. Jadi, e-office merupakan sebuah terobosan dalam dalam penggunaan komputer dan jaringan internet. E-office yang berasal dari bahasa Inggris memiliki arti sebagai kantor elektronik atau sistem tata kelola perkantoran yang berdasarkan pada penggunan internet dan media elektronik.

Dalam e-office jaringan internet, kemudian komputer, laptop atau smartphone menjadi media yang berperan besar sebagai medianya. E-office juga bekerja aktif sebagai aplikasi yang bisa mengolah data agar bisa berjalan otomatis dengan cara digital. Layanan ini jelas sangat menguntungkan jika digunakan dalam instansi pemerintah Indonesia untuk mendukung kebutuhan pelayanan pada masyarakat.

Bagaimana Perkembangan Penggunaan E-Office di Indonesia?

Adapun perkembangan dari e-office sendiri di Indonesia saat ini tengah mengalami kemajuan. Apalagi banyak instansi yang memang tidak membuka layanan kunjungan langsung oleh masyarakat dan banyak menerima pengolahan data berbasis digital. Ada banyak instansi, perkantoran dan lembaga pendidikan yang menggunakan layanan ini untuk menunjang kinerjanya.

Keuntungan Menerapkan Aplikasi E-Office dalam Kerja Instansi

Mengingat ternyata layanan e-office berbasis digital dan memang penggunaan digital tengah naik daun. Maka bisa ditarik berbagai data keuntungan mengenai penggunaan layanan satu ini, apa saja? Yuk simak ulasannya sebagai berikut!

Memudahkan Persoalan Surat Menyurat dalam Sebuah Instansi

Aplikasi e-office sendiri pertama memiliki keuntungan untuk memudahkan persoalan surat menyurat dalam sebuah instansi. Jika awalnya soal surat menyurat banyak dikerjakan secara manual dan juga dicetak. Akan tetapi dengan layanan e-office, Anda dan instansi kerja hanya perlu mengirimkannya dengan bantuan internet.

Menjadi Wadah Baru dalam Membangun Kerja Positif

Tak hanya memudahkan dalam soal surat menyurat, layanan e-office juga bisa menjadi wadah baru dalam membangun kerja positif didalam sebuah instansi. Hal ini terbukti dengan bagaimana e-office bisa mengelola forum diskusi, layanan evaluasi hingga rapat yang mana bisa mempererat kinerja serta kedekatan antar pegawai. Menggunakan layanan e-office akan membuat pegawai tetap merasakan budaya kerja positif meski tengah berada di situasi pandemi, media digital juga mampu mendekatkan pegawai terhadap masyarakat.

Memudahkan Komunikasi Kerja Meski Terhalang Jarak

Ketiga, aplikasi e-office juga mampu memudahkan komunikasi kerja meski terhalang jarak baik antar pekerja atau masyarakat. E-office memungkinkan antar pegawai instansi bekerja sama menggunakan layanan digital selama jam kerja yang berlaku. Layanan e-office juga bisa menjadi wadah baru pegawai dalam mendukung perkembangan teknologi digital Indonesia.

Produktif di Tengah Pandemi

Tentu saja meski tengah pandemi dan pembatasan pertemuan kantor secara langsung dan rutin berjalan tidak seperti biasanya. Akan tetapi dengan penggunaan aplikasi e-office tentu saja para pekerja bisa tetap produktif ditengah pandemi dengan memanfaatkan forum kerja digital yang ada. Hanya perlu jaringan internet dan media elektronik, maka situasi kerja yang produktif bisa tercapai!

Kini bagi Anda para pegawai instansi tentu jangan sampai ragu lagi untuk menggunakan layanan aplikasi e-office yang terpercaya memiliki banyak kelebihan dan keuntungan. Apalagi bagi kepala instansi jangan ragu lagi dalam mensosialisasikan kepada tim kerja di instansinya untuk berperan aktif dan produktif dengan menggunakan layanan e-office. Anda akan tetap bisa merasakan gaya kerja yang menarik dan produktif di tengah pandemi dengan app digital satu ini!

Baca Lainnya