Pusat Asesmen dan Pembelajaran, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI kembali bertemu dan melakukan diskusi lanjutan bersama tim Integra Indonesia. Diskusi dilaksanakan pada tanggal 4 – 5 November 2021 di Meeting room Kantor Integra Indonesia, Yogyakarta.

Diskusi lanjutan kali ini dalam rangka memantabkan pengelolaan dan pengolahan data asesmen nasional yang dilakukan oleh Kementerian Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Asesmen Nasional sendiri merupakan sebuah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

Dengan asesmen nasional ini diharapkan akan meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Tim Integra Indonesia yang diwakili oleh Wisnu Rihandana, S,Pd.T bekerja keras bersama tim Pusat Asesmen dan Pembelajaran Kemendikbud untuk menyiapkan kebutuhan asesmen ini. Sehingga proses asesmen nasional bisa berjalan lancar sesuai harapan dan perencaanaan.

Berita Lainnya