Pemerintah Kota Bontang berkunjung ke Kantor Integra Indonesia di Yogyakarta pada hari Kamis, 23 Februari 2023. Kunjungan dilaksanakan dalam rangka bimbingan teknis awal sistem informasi manajemen penanggulangan kemiskinan. Turut hadir dalam kegiatan bimtek yaitu dari perwakilan Bappeda, Dinas Sosial dan Dinas Kominfo.

Perwakilan dari OPD yang hadir diberikan pelatihan langsung oleh product leader aplikasi simnangkis, Purbo Andriyanto, S.Kom. Mereka belajar mulai dari pengenalan dasar sistem sampai proses untuk mengoperasionalkan. Para peserta tampak antusias melaksanakan kegiatan bimtek ini.

Simnangkis atau sistem informasi manajemen penanggulangan kemiskinan adalah sebuah platform yang dibutuhkan daerah dalam upaya pengentasan kemiskinan. Simnangkis yang diimplementasikan di Kota Bontang terdiri dari modul utama yaitu satu data kemiskinan yang digunakan daerah untuk mengelola dan membuat data tunggal kemiskinan daerah. Sedangkan modul bantuan merupakan modul yang digunakan oleh OPD – OPD dalam menyalurkan bantuan kepada warga atau penerima.

Dengan kegiatan bimbingan teknis ini diharapkan proses implementasi sistem informasi manajemen penanggulangan kemiskinan di Kota Bontang bisa berjalan dengan lancar. Sehingga hasil akhir yang diharapkan dapat membantu pemerintah kota dalam menekan dan mengentaskan angka kemiskinan.