Pemerintah Kabupaten Sleman kembali meluncurkan inovasi layanan untuk masyarakat. Inovasi yang diluncurkan kali ini adalah SIM Tangkas atau sistem informasi potensi investasi tanah kasultanan dan tanah kalurahan. Sosialisasi ini dilaksanakan di Graha Sarina Vidi (21/06).

Sosialisasi sistem informasi potensi investasi tanah kasultanan dan kalurahan ini merupakan tindak lanjut dari Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Kabupaten Sleman yang menilai masih banyak tanah kas desa, kalurahan dan kasultanan yang belum produktif dan optimal dalam hal pemanfaatan. Untuk itu hadir SIM tangkas ini untuk bisa mendukung optimalisasi potensi dan investasi tanah kasultanan maupun kalurahan yang ada di Kabupaten Sleman.

SIM Tangkas yang dibangun Dispertaru Sleman merupakan hasil kerjasama yang dilakukan bersama Integra Indonesia. Integra sendiri dipercaya untuk menyiapkan core system yang nantinya menjadi sistem utama yang digunakan Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Kabupaten Sleman untuk menghadirkan layanan digital kepada masyarakat.

Purbo Andriyanto, S.Kom mewakili tim pengembang dari integra yang hadir pada sosialisasi ini memaparkan langkah – langkah dalam pemanfaatan layanan ini. Integra berharap inovasi layanan ini bisa semakin memudahkan masyarakat untuk mengakses potensi investasi baik tanah kasultanan maupun kalurahan sehingga bisa menghasilkan nilai ekonomi dan lebih produktif lagi.