SLEMAN, iNews.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman berupaya untuk mengoptimalisasi potensi investasi di atas Tanah Kasultanan ataupun tanah kas kalurahan (desa) untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Warga bisa memanfaatkan tanah tersebut dan melakukan pengawasan secara aktif. Bupati Sleman Kustini mengatakan, selama ini masyarakat tidak pernah mengetahui ketersediaan Tanah Kasultanan ataupun tanah kalurahan. Padahal tanah itu memiliki potensi investasi yang bisa dimanfaatkan masyarakat.

Untuk itulah Pemkab Sleman melalui Dinas Tata Ruang dan Pertanahan mengenalkan Sistem Informasi Pemanfaatan Tanah Kasultanan dan Tanah Kalurahan (SIM Tangkas). “Melalui SIM Tangkas ini masyarakat lebih mudah mengakses informasi. Investor juga bisa bisa mendapatkan informasi sesuai kebutuhan mereka dalam berinvestasi,” kata Kustini saat sosialisasi SIM Tangkas di Sleman, Rabu (21/6/2023). Baca Juga 4 Baterai Tower BTS di Sanden Bantul Hilang Dicuri, Polisi Buru Pelaku Sosialisasi ini diikuti pimpinan organisasi perangkat daerah, kapanewon dan kalurahan. Harapannya potensi yang ada bisa dioptimalkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “SIM Tangkas ini juga menjadi media publikasi potensi. Masyarakat bisa ikut berperan dalam pengawasan tanah kas desa baik izin maupun peruntukannya secara proaktif,” katanya.

Kepala Dispertaru Sleman, Mirza Anfanzuri mengatakan sebagian Tanah Kasultanan dan tanah kalurahan di Sleman sudah dimanfaatkan dan menghasilkan nilai ekonomi untuk masyarakat. Namun, masih banyak yang belum dioptimalkan. “Sistem ini akan memudahkan masyarakat maupun investor dalam mengakses informasi yang transparan sehingga mampu menghemat waktu, biaya, dan tenaga,” katanya. Diberitakan sebelumnya, pemanfaatan tanah kas desa Caturtunggal, Depok, Sleman ditangani Kejaksaan Tinggi Yogyakarta. Penyidik sudah menetapkan tersangka dua dalam perkara tersebut dan mulai disidangkan. Tanah kas desa ini dimanfaatkan untuk perumahan, lapangan futsal hingga kafe.

Artikel ini telah tayang di yogya.inews.id dengan judul ” Pemkab Sleman Kenalkan SIM Tangkas untuk Investasi di Tanah Kasultanan dan Kalurahan “, Klik untuk baca: https://yogya.inews.id/berita/pemkab-sleman-kenalkan-sim-tangkas-untuk-investasi-di-tanah-kasultanan-dan-kalurahan/2.