Perkembangan teknologi menjadi tantangan dewasa ini untuk berbagai pihak menyikapinya. Begitu juga dengan Keraton Yogyakarta yang notabene lembaga yang mengedepankan dan melestarikan nilai – nilai tradisional. Keraton Yogyakarta sadar betul teknologi bisa disikapi dengan bijak yang tentu malah menjadi alat bantu untuk mendorong perkembangan dan kemajuan manajemen di Keraton. Untuk itu, Keraton Yogyakarta kembali menggandeng Integra Indonesia untuk mengembangkan sistem informasi abdi dalem yang sudah berjalan selama kurang lebih 5 tahun ini.

Sistem informasi abdi dalem yang dikembangkan Kraton Yogyakarta bersama Integra Indonesia pertama kali dilucurkan pada akhir tahun 2018. Setelah lima tahun berjalan, tahun ini Keraton kembali melakukan update dan pengembangan untuk menyesuaikan kebutuhan terkini terkait manajemen abdi dalem.

Pada tanggal 6 Juli 2023, Tim Keraton Yogyakarta yang dipimpin oleh GHR Hayu bersama tim berkunjung ke Kantor Integra Indonesia untuk mendapatkan paparan progres pengembangan sistem informasi abdi dalem ini. Beberapa fitur pengembangan dijelaskan oleh tim pengembang dari Integra Indonesia yang didampingi langsung oleh Direktur utama Bapak Yuda Wicaksana Putra, S.T., MBA.

Dengan pengembangan sistem ini, diharapkan SIM Abdi Dalem nantinya dapat mengakomodir kebutuhan – kebutuhan terkini terkait manajemen abdi dalem di Kraton Yogyakarta, sehingga dapat memperlancar ketugasan dalam hal mengelola data abdi dalem yang jumlahnya mencapai ribuan.