Kapanewon Tempel Kabupaten Sleman menjadi pilot project untuk implementasi pendataan kesejahteraan sosial secara digital. Pendataan ini sangat penting untuk melihat data penduduk dengan berbagai atribut kesejahteraan sosialnya. Untuk persiapan implementasi tersebut, dilaksanakan bimbingan teknis pendataan kesejahteraan sosial Kapenewon Tempel (11/07).

Peserta bimbingan teknis ini diikuti oleh tim pendataan dari beberapa kalurahan yang menjadi ujicoba pendataan. Aplikasi untuk melakukan pendataan ini dibuat oleh Integra Indonesia yang diadopsi dan dikembangkan dari simnangkis Integra. Petugas pendataan secara digital ini tidak lagi memakai kertas untuk mendata, tetapi melalui aplikasi berbasis android yang sangat fleksibel dan mudah dilakukan.

Dengan aplikasi pendataan warga ini diharapkan kepanewon Tempel mempunyai data valid yang bisa dimanfaatkan untuk memonitor dan melakukan berbagai macam intervensi dalam menyalurkan bantuan. Sehingga kesejahteraan masyarakat bisa dipantau dengan ditingkatkan dengan alat bantu aplikasi besutan Integra Indonesia.

Bimbingan Teknis Pendataan Kesejahteraan Sosial Kapanewon Tempel