Pemerintah Kota Yogyakarta meluncurkan gerakan semangat agawe sehating lan makmuring Kutho Ngayogyakarta (Semar ing Amarto). Gerakan itu mengajak seluruh elemen untuk mewujudkan kesehatan yang optimal sehingga memiliki produktivitas menuju kemakmuran Kota Yogyakarta. Acara ini dilaksanakan di Balaikota Yogyakarta (26/9) dan diresmikan langsung oleh Penjabat Walikota Yogyakarta Singgih Raharjo.

Gerakan Semar Ing Amarto ini terdiri dari beberapa inovasi layanan yang digagas oleh Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta. Diantaranya layanan kemudahan perizinan Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) dan halal dalam wujud aplikasi yang dikembangkan oleh Integra Indonesia. Hal itu dilakukan untuk memberikan standarisasi dan jaminan kualitas produk terutama usaha mikro kecil menengah (UMKM) atau produk olahan rumah bisa betul-betul terstandar.

Selain digitalisasi layanan perizinan PIRT, Integra Indonesia juga mengembangkan sistem layanan e-kuliner yaitu sebuah layanan sertifikasi laik sehat higiene sanitasi, akomodasi, tempat hiburan & tempat rekreasi. Ada satu lagi aplikasi yang dikembangkan yang bisa dimanfaatkan melalui layanan jss yaitu e-faskes yaitu layanan sertifikasi standar usaha bidang kesehatan.

Dengan berbagai inovasi yang diinisiasi oleh Pemerintah Kota Yogyakarta ini diharapkan mempermudah masyarakat dalam memperoleh akses layanan yang dikelola oleh Dinas Kesehatan.