Pemerintah Kabupaten Bantul melalui Dinas Sosial meluncurkan inovasi aplikasi Sidakis – Sistem Informasi dan Data Kartu Indonesia Sehat (14/11). Kegiatan peluncuran aplikasi Sidakis ini dilaksanakan di Ros in Hotel, Bantul Yogyakarta.

Aplikasi sidakis merupakan sebuah layanan berbasis website yang dipergunakan untuk mengusulkan warga yang belum memiliki jaminan kesehatan ke program Kartu Indonesia Sehat melalui anggaran APBD. Sehingga masyarakat Kabupaten Bantul yang belum tercover jaminan kesehatan bisa diusulkan untuk memperoleh jaminan melalui aplikasi.

Wakil Bupati Bantul Joko Purnomo yang hadir dan meluncurkan secara resmi layanan ini mengapresiasi Dinas Sosial Kabupaten Bantul yang terus berinovasi melalui aplikasi Sidakis. Wakil Bupati berharap aplikasi ini bisa menjadi solusi yang baik agar masyarakat bisa mengakses layanan jaminan kesehatan.

“Pemerintah Kabupaten Bantul terus berupaya dalam mewujudkan pelayanan kesehatan yang prima sesuai amanat undang-undang dalam fokus penyelenggaraan pemerintah. Harapan kita walaupun program KIS ini sudah dapat diakses dengan Aplikasi SIDAKIS namun kualitas sumber daya manusia di Dinas Sosial bersama dengan pihak lain yang terlibat tetap dapat memberikan pelayanan yang baik juga,” tutur Joko.

Aplikasi Sidakis sendiri merupakan aplikasi yang diinisiasi oleh Dinas Sosial Kabupaten Bantul yang bekerjasama dengan Integra Indonesia. Ini menjadi pengembangan sistem besar penanggulangan kemiskinan yang sudah beberapa tahun kebelakang dimanfaatkan oleh Pemerintah Kabupaten Bantul untuk mendokumentasikan data kemiskinan.

Pemkab Bantul Luncurkan Aplikasi Sidakis Untuk Pelayanan Jaminan Kesehatan