Bank Indonesia dan Bank BPD DIY menyelenggarakan diskusi integrasi sistem pembayaran pada aplikasi dipanen.id bersama Integra Indonesia. Kegiatan diskusi ini dilaksanakan di Kopi Jolotundo, Wates, Kulon Progo (5/3).

Tim Integra Indonesia yang mengembangkan platform dipanen.id untuk Kabupaten Kulon Progo hadir melakukan diskusi terkait integrasi sistem pembayaran tersebut. Aplikasi dipanen.id sendiri telah diimplementasikan di Kabupaten Kulon Progo mulai akhir tahun 2023 lalu untuk 3 pasar lelang cabai PaKu. Diskusi kali ini menitikberatkan upaya Bank BPD DIY memberikan fasilitas pembayaran secara non tunai hasil proses lelang di aplikasi dipanen.id untuk petani cabai di Kabupaten Kulon Progo.

Selain diskusi tentang mekanisme integrasi sistem pembayaran, juga dilakukan evaluasi dari beberapa pasar yang telah ujicoba menggunakan aplikasi dipanen.id. Ini sebagai bahan penyempurnaan sebelum aplikasi digunakan oleh lebih banyak pasar lagi di Kulon Progo.

Semoga dengan diskusi ini diharapkan proses integrasi layanan pembayaran non tunai pada aplikasi dipanen.id bisa segera dirasakan manfaatnya baik oleh pengelola pasar lelang maupun para petani.