Dalam upaya menindaklanjuti peraturan Menteri Sosial RI terkait Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS), Dinas Sosial Kabupaten Bantul resmi meluncurkan aplikasi inovatif bernama SIDALEKAS. Aplikasi ini bertujuan untuk mempermudah LKS di Bantul dalam mengakses data pendataan serta meningkatkan kinerja pengawasan dan pembinaan terhadap lembaga tersebut.
SIDALEKAS merupakan sistem informasi yang dirancang untuk menyimpan dan mengelola berbagai data penting terkait lembaga kesejahteraan sosial. Data yang dapat diakses melalui aplikasi ini mencakup profil lembaga, legalitas, informasi mengenai pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial (PPKS) yang ditangani, data klien, serta pelaporan LKS. Seluruh data dapat diakses secara cepat, mudah, akuntabel, dan transparan, yang diharapkan dapat memberikan kemudahan dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawab lembaga. Penyelenggaraan LKS yang baik diharapkan mampu berdampak positif terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat yang membutuhkan.
Pada acara yang berlangsung pada hari ini (30/4), Dinas Sosial juga menyelenggarakan bimbingan teknis untuk 43 admin di LKS agar mereka dapat memanfaatkan SIDALEKAS dengan maksimal. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan para admin dapat mengoperasikan aplikasi dengan baik, sehingga dapat mendukung upaya peningkatan kinerja LKS di wilayah Bantul.
Dengan diluncurkannya SIDALEKAS, Dinas Sosial Bantul berharap dapat menciptakan sistem yang lebih terintegrasi dan responsif dalam pelayanan kesejahteraan sosial, serta mendorong kemajuan kesejahteraan masyarakat di daerah ini.
Untuk Konsultasi terkait projek dan solusi teknologi informasi — Silahkan hubungi tim marketing kami di nomor Telp. 0274 – 5304851 atau chat WhatsApp 0812-2790-1212