SMS Reminder Pajak2018-08-07T02:22:13+00:00

SMS Reminder Pajak

SISTEM REGISTRASI DATABASE PEMILIK NOPOL
DAN SMS REMINDER PAJAK TERINTEGRASI

Saat ini Pemerintah daerah dituntut untuk lebih interaktif, komunikatif dan informatif kepada masyarakat. Oleh karena itu penting bagi Pemerintah Daerah untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam rangka mengingkatkan kecepatan tanggap (responsiveness), keterbukaan (transparancy) dan pertanggung jawaban (accountability). Dengan pemanfataan teknologi maka akan semakin mudah bagi pemda melakukan distribusi informasi baik bersifat hubungan Government to Government (G2G), Government to Business (G2B) dan Government to Citizen (G2C).

Melihat kemampuan masyarakat dan infrastruktur telekomunikasi yang ada, masyarakat masih awam menggunakan media internet. Selain itu juga akses internet yang relatif sulit di berbagai daerah. Oleh karena itu selain menggunakan internet, kami mengembangkan teknologi yang familiar, mudah digunakan dan cepat untuk akses pengiriman data melalui SMS yaitu melalui konsep Digital Government Services – Sistem Registrasi Database No.Polisi SMS Reminder Pajak Kendaraan Bermotor

12 Manfaat Utama dari implementasi Sistem ini

Konsep Sistem Reminder Pajak Terintegrasi

Sistem Reminder Pajak Terintegrasi adalah bentuk integrasi teknologi informasi dan telekomunikasi untuk menyediakan layanan informasi pajak kendaraan bagi masyarakat.

Sistem Reminder Pajak kendaraan ini terdiri dari beberapa modul terintegrasi pada satu layanan terpusat. Sistem akan terhubung dengan database pajak kendaraan dan SMS info pajak kendaraan menggunakan layanan VASMS. Gambaran Sistem Reminder Pajak kendaraan sebagai berikut :

Alur Sistem SMS Reminder Pajak

Fitur Sistem SMS Reminder Pajak

Modul Publics Interface

Merupakan modul yang digunakan untuk diakses oleh masyarakat. Fitur ini menggunakan ADN (Access Dial Number) khusus yaitu 5 Digit number 99600 untuk beberapa operator seluler.

  • Registrasi keyword layanan ke Operator Seluler
  • Interkoneksi Server SMS dengan Server Database
  • Modul Sistem Registrasi VASMS 5 Digit
  • Konversi dan Pengelolaan input data SMS Wajib Pajak ke Database Server Dispenda
  • API integration dengan Database SMS Broadcast ID
  • Modul Form Input Data Manual

Modul Central Database

Merupakan sistem yang digunakan untuk melakukan pengelolaan data SMS Reminder Pajak.

  • Melakukan manajemen data
  • Administrasi Sistem
  • Melakukan Disposisi / Distribusi data
  • Kontroling unit kerja
  • Statistik
  • Reporting
  • Konfigurasi sistem

Modul SMS Broadcast ID

Merupakan modul aplikasi yang digunakan untuk melakukan broadcast SMS Pajak yang melalui SMS dengan ID tertentu.

  • Automatic dan manual Broadcast SMS
  • Kontak Manajemen
  • Group Manajemen
  • Compose Message
  • Dynamic Message
  • Import Message from Excel
  • Message Status

Ilustrasi Pengiriman Informasi Reminder Pajak

dan SMS Registrasi

SMS Reminder Pajak akan dikirim ke wajib pajak yang sudah terdaftar dan pada masa menjelang jatuh tempo akan dikirim SMS dengan menggunakan Keyword tertentu, misal “REG<spasi>JATENG<spasi>NOPOL”

Atau bisa juga dengan Verifikasi data tambahan sebagai validasi pemilik STNK

REG<spasi>JATENG<spasi>NOPOL

<spasi>NOMESIN

Contoh : REG JATENG AB1841GN HR15904363C

SMS Reminder Pajak akan dikirim ke wajib pajak yang sudah terdaftar dan pada masa menjelang jatuh tempo akan dikirim SMS dengan menggunakan ID tertentu, misal “DPPADJATENG” (maksimal 11 karakter)

Mekanisme Pendaftaran

Masyarakat dipermudah dalam melakukan proses pendaftaran nomor polisinya dikarenakan cukup dengan melakukan SMS ke 99600. Dengan metode ini juga memudahkan bagi Samsat/DPPAD karena tidak perlu melakukan input data secara manual dengan memindahkan data dari formulir isian wajib pajak ke komputer. Sehingga Samsat/DPPAD bisa lebih melakukan penghematan sumber daya.

Karena masyarakat dapat mendaftar secara otomatis ke sistem, bisa saja untuk melakukan verifikasi data ke sistem secara otomatis dapat dengan menambahkan misal nomer mesin atau informasi yang tertuang dalam STNK, sehingga yang mendaftarkan memang memiliki STNK tersebut atau mengetahui informasi tentang kendaraan.

Namun Sistem Input Data Manual juga disediakan jika SAMSAT ingin melakukan pendataan dan input dari formulir yang dibagikan kepada wajib pajak. Formulir tersebut dapat dibagikan kepada wajib pajak ketika melakukan pembayaran pajak kendaraan di masing-masing SAMSAT.

Jika SAMSAT telah memiliki database nomer telepon sesuai dengan nomer Polisi maka diperlukan mekanisme input data atau konversi data ke modul Database Kontak di Sistem SMS Broadcast Terintegrasi, sehingga tidak dilakukan proses input manual (double input).

Mekanisme Pengiriman SMS

Model 1 – Biaya SMS Ditanggung Dispenda

Jika SMS informasi reminder ditanggung oleh Dispenda (pengirim informasi) maka dapat menggunakan SMS Broadcast ID. Penerima informasi akan mendapatkan informasi reminder pajak dari Sender ID tertentu misal DPPADJATENG atau INFOSAMSAT. Penerima informasi tidak terkena biaya atau terpotong pulsa.

Model 2 – Biaya SMS Ditanggung Masyarakat

Jika SMS Informasi reminder dibebankan pada penerima informasi (wajb pajak), maka mekanisme yang harus digunakan adalah melalui layanan REGISTRASI SMS 99600 (REG JATENG). Masyarakat hanya akan terkena biaya apabila sudah mendapatkan SMS informasi/konten.

Berbagai Pemanfaatan Fitur SMS Broadcast ID

Fitur Layanan SMS Broadcast ID yang ada di layanan SMS Reminder Pajak dapat dimanfaatkan bagi pemerintah daerah untuk berbagai keperluan.

SMS Announcement

SMS Broadcast ID juga dapat digunakan untuk keperluan penyampaian pesan berupa pengumuman baik untuk internal lingkungan Pemda, masyarakat umum maupun stakeholder lainnya.

SMS Greeting

SMS Broadcast ID dapat digunakan untuk memberikan sebuah ucapan untuk berbagai kepentingan seperti duka cita, ucapan selamat, dan lain sebagainya.

SMS Notifikasi

SMS Broadcast ID dapat digunakan untuk notifikasi terhadap berbagai layanan yang ada di pemerintahan

Tunggu apa lagi, Gunakan sekarang juga!.

Semua akan semakin mudah dengan teknologi, Efektifkan pekerjaan anda bersama kami.

Apa kelebihannya layanan SMS dibanding media lain?

  • Mayoritas Penduduk Indonesia telah memiliki Ponsel
  • Dengan SMS Broadcast  informasi langsung dapat sampai ke target sesuai dengan yang kita harapkan secara cepat dan tepat
  • Informasi tersimpan di ponsel dan dapat dibaca kembali dikemudian hari  bila diperlukan
  • Harga SMS relative lebih murah dibanding biaya untuk membuat surat/leaflet/brosur dan media lain
  • SMS yang dikirim akan lebih kredibel dan lebih professional serta tidak akan dianggap sebagai SMS Gelap dari nomer yang tidak jelas
  • Memiliki kemampuan untuk mendeteksi apakah SMS yang dikirim sampai atau tidak dan bila tidak akan dilakukan Retry secara otomatis
  • Dapat dilakukan dari mana saja karena sistem berbasis web yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja saat dibutuhkan

Berminat Mengimplementasikan di Instansi Anda?

Kontak segera tim Marketing kami

Hubungi Kami!

Kunjungi Kantor Kami

Cokro Square Kav. K, Jl. HOS. Cokroaminoto 124 Yogyakarta

Lokasi

Permintaan Demo Produk

Hubungi atau Kirim Email ke Tim Marketing Kami

Kirim Email
1
Selamat datang di Integra Indonesia,
Ada yang bisa kami bantu? 😊
Powered by