Dalam perusahaan atau pemerintahan pasti tidak asing dengan istilah disposisi surat. Proses adminitrasi ini sangatlah penting dan bersifat segera. Disposisi surat merupakan intruksi dari atasan yang ditujukan untuk staff atau pegawai. Isinya berupa intruksi yang harus dikerjakan berkenaan dengan surat tersebut. Sehingga, disposisi surat harus dilakukan dengan efisien guna menunjang perusahaan.

Tidak dapat dipungkiri, masih sering terjadi adanya kesahalan dalam aktivitas disposisi yang nantinya dapat menghambat kinerja perusahaan. seperti ketidaktahuan posisi disposisi, keterlambatan tindak lanjut, dan berbagai permasalan lain. Seharusnya permasalahan administrasi seperti itu harus segera ditemukan solusinya. Mengingat tujuan disposisi surat yakni agar staff atau pegawai segera melakukan tindak lanjut sesuai dengan intruksi dari atasan. Artikel berikut akan mengulas mengenai solusi yang memudahkan untuk melakukan disposisi surat dan memonitor prosesnya. Yuk, simak informasinya berikut ini.

Solusi untuk memudahkan melakukan disposisi surat dan memonitor prosesnya

Alur disposisi surat menyurat dalam suatu perusahaan atau pemerintahan biasanya diawali dengan surat masuk melalui tata usaha. Surat ini ditujukan kepada pimpinan yang berisi tugas yang harus segera di tindak lanjuti. Kemudian atasan akan memberikan intruksi kepada staff atau pegawai untuk menindak lanjutinya. Sehingga, semakin cepat proses disposisi surat akan semakin efisien pula kinerja dalam sebuah perusahaan. maka dari itu dibutuhkan solusi cerdas untuk memudahkan disposisi surat serta memonitor prosesnya.

Dewasa ini, teknologi semakin maju sesuai dengan berkembangnya zaman. Kini, telah hadir e-office yang akan memudahkan perusahaan dalam mengelola administrasi. Sebelumnya disposisi surat masih dilakukan secarakonvensional atau manual. Seketaris harus mondar mandir ke kantor atasan. Jika perusahaan masih kecil mungkin tidak menjadi masalah besar, namun jika perusahaan besar maka masalah akan menjadi rumit. Adanya kehilangan surat, surat terselip, telatnya tindak lanjut, dan masalah lain akan lebih sering terjadi.

Nah, maka hadirlah e-office integra yang akan menunjang tugas pokok dan fungsi dalam masalah administrasi. Kehadiran aplikasi ini memberikan berbagai kemudahan baik bagi admin serta penggunanya. Bagi yang belum mengetahui, berikut akan diulas mengenai apa itu e-office dan perannya dalam melakukan disposisi.

Peran e-office integra dalam memudahkan disposisi surat

Dalam suatu perusahaan atau pemerintahan harusnya menggunakan aplikasi pendukung sistem administrasi untuk melaksanakan tugas dengan baik. Hal ini dikarenakan kesempurnaan serta kelengkapan dalam administasi suatu perusahaan sangatlah penting. E-office integra merupakan aplikasi yang memberikan layanan untuk memudahkan masalah persuratan khususnya dalam melakukan disposisi surat. Dengan memanfaatkan aplikasi ini akan meningkatkan efektifitas kinerja dalam perusahaan Anda.

E-office akan memudahkan Anda dalam mengelola urusan surat menyurat mulai dari surat masuk, suat keluar dan disposisi surat. Selain itu, aplikasi E- office integra juga akan membantu dalam efektifitas dan efisiensi dalam melakukan pelayanan publik. Secara elektronik, e-office integra akan mempercepat pengelolaan tata naskah dinas. Dengan penggunaan aplikasi ini juga akan mewujudkan perusahaan yang lebih modern.

Aktivitas disposisi surat dan memonitor prosesnya menggunakan aplikasi e-office integra akan memudahkan Anda dalam memonitor proses serta posisinya. Surat yang masuk akan di terima pada bagian tata usaha. Kemudian bagian tata usaha akan mengentrikan ke e-office dan melakukan scan untuk pengarsipan data. Setelah itu, surat elektronik akan di distribusikan kepada yang bersangkutan. Penerima surat dapat membaca surat elektronik melalui aplikasi. Selanjutnya, aktivitas disposisi juga dilakukan melalui aplikasi. Sehingga, pimpinan dapat mengetahui posisi disposisi beserta tindak lanjut dari surat tersebut.

Untuk surat keluar, setelah prosedur dilakukan surat diserahkan kepada pihak tata usaha. Kemudian pihak tata usaha memberikan nomor surat keluar dan menakukan scan untuk pengarsipan data dan melakukan pengiriman surat. Dengan sistem yang serba elektronik ini akan meminimalisir terjadinya kesalahan. Jika memang terjadi kesalahan akan mudah untuk memperbaikinya sedini mungkin.

Nah, itulah ulasan mengenai aplikasi e-office yang memudahkan dalam melakukan disposisi surat dan memonitor prosesnya. Dengan memanfaatkan aplikasi ini akan memudahkan admin dan para penggunaanya. Para admin tidak perlu lagi merekap secara manual surat masuk, surat keluar, dan disposisi surat. Para pengguna juga dapat mengakses E-office dimanapaun dan kapanpun. Semoga bermanfaat.

Baca Lainnya